Monday, November 14, 2005

Lestarikanlah Bahasa Indonesia ! (bab. II)


Tampaknya ini sudah pernah dilakukan sebelumnya disini, yaitu menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam blog. Walaupun sebenarnya ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, niat untuk menggunakan tata cara berbahasa yang benar terkadang tidak muncul begitu saja. Sebagai contoh adalah blog ini. Dari sekian banyak masukan-masukan di dalam blog ini, hanya 2 (dua) artikel yang menggunakan Bahasa Indonesia yang baik, sebagian besarnya ditulis dalam Bahasa Indonesia yang jelek dan salah dan juga Bahasa Inggris yang berantakan. Ironis bukan ? Mengingat bahwa pemilik blog ini adalah seorang pria Indonesia asli yang ber inisial B.

Kita sebagai WNI seharusnya bangga dengan identitas bangsa kita. Mengapa demikian ? Jawabannya sebenarnya sangat sederhana, karena dengan "bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh". Apakah relasi dengan pribahasa tersebut ? Sebenarnya tidak ada. Akan tetapi yang ingin ditekankan di sini adalah persatuan bangsa kita diawali dengan kesamaan berbahasa, Bahasa Indonesia. Bayangkanlah jika Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 tidak dilaksanakan, maka tidak akan ada pula negara yang bernama Republik Indonesia ini. Para pahlawan kita sudah berjuang sampai titik darah penghabisan untuk mendirikan bangsa ini, apalah artinya jika kita tidak melestarikannya. Oleh sebab itu untuk menghargai nenek moyang kita, baik yang seorang pelaut, petani, pejuang, pelajar maupun perawat, gunakanlah Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 10 Nopember 2005 merupakan Hari Pahlawan. Adakah diantara kalian yang ingat? Sebenarnya baris ini memang dirasakan kurang begitu penting.

Banyak diantara kita yang pandai berbahasa Inggris, itu merupakan hal yang sangat bagus. Tetapi alangkah baiknya jika setidaknya kita tetap menggunakan Bahasa Indonesia dalam berbagai situasi, baik dalam bahasa lisan maupun tulisan.

Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Slogan negara kita yang juga tertera pada simbol negara yaitu Garuda Pancasila. Seperti yang telah kalian ketahui, Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, adat, bahasa dan juga prilaku. Yang paling penting sesungguhnya faktor yang terakhir, yaitu perilaku. Jika prilaku individual bangsa kita positif semua maka negara ini akan maju, begitu pula sebaiknya.

Inti dari artikel ini sebenarnya hanya satu. Yaitu mempromosikan kaos yang di desain oleh seorang pria berinisial B yang juga pemilik daripada blog ini. Kaos ini dilepas dengan harga fleksibel tergantung tempat pembuatannya. Tersedia dalam 3 warna yaitu hitam, putih dan abu-abu. Untuk informasi lebih lanjut hubungi saja pemiliknya.
Berikut adalah contoh dari kaos tersebut.





back to the top!


Bagas Indyatmono 7:39 am